Sunday, September 20, 2015

Prospek Budidaya Ikan Bandeng Tambak Yang Menguntungkan

Budidaya ikan Bandeng - Budidaya Ikan Bandeng di tambak sudah berkembang dengan pesatnya sampai sekarang ini. Hal semacam ini dikarenakan usaha yang satu ini menjanjikan keuntungan yang sangatlah mengundang selera. Pikirkan saja bila gagasan ini sukses, dalam satu tahun untuk luas tambak 1 hektar dapat membuahkan keuntungan bersih sampai Rp. 100 juta. Jadi pengganti udang Windu, ikan Bandeng mempunyai sebagian kelebihan hingga layak jadikan juga sebagai komoditas unggulan. Satu diantaranya yaitu ketahanannya pada pergantian lingkungan alam. Bandeng dapat bertahan hidup di rentang salinitas (kandungan garam) mulai 8 ppt sampai 105 ppt. Walau ikan ini masuk dalam kelompok ikan laut tetapi dapat pula hidup serta besar dalam perairan air tawar umpamanya saja di Waduk Jatiluhur.
http://habinos.blogspot.co.id/2015/09/prospek-budidaya-ikan-bandeng-tambak.html

Baca juga : Ragam Pilihan Umpan Mancing Ikan Patin di Danau

Terkecuali itu keperluan ikan type ini juga sangatlah tinggi juga sebagai pilihan sumber protein hewani yang dapat dihandalkan. Harga jual Bandeng di market juga stabil serta condong mahal. Untuk keberhasilan pembudidayaan ikan satu ini di tambak baik dengan cara tradisional ataupun intensif banyak hal mesti di perhatikan yakni : penentuan tempat tambak, penyiapan tambak, penebaran bibit ikan budidaya Bandeng (Nener), pemberian pakan serta penyusunan air. Aktivitas budidaya di tambak pada intinya mencakup 2 step aktivitas yaitu pendederan serta pembesaran baik juga sebagai umpan maupun untuk keperluan mengkonsumsi. Tiap-tiap step itu diperlukan sebagian langkah persiapan salah satunya pemberantasan hama serta penyakit, pemrosesan tanah maupun pembuatan pematang tambak. Apabila ada salah satu step yang ditinggalkan jadi bakal turunkan hasil panenan.

Umumnya petani pelaku budidaya di Indonesia dikerjakan dengan cara tradisional yang cuma memercayakan pemupukan untuk menumbuhkan kelekap juga sebagai makanan alami budidaya ikan Bandeng. Apabila dikerjakan dengan cara tradisional budidaya cuma dapat membuahkan seputar 300 kg sampai 1000 kg per hektar untuk satu tahun. Walau demikian saat diaplikasikan sebagian tehnologi seperti pemberian pakan intensif, pemakaian kincir air jadi produksi budidaya ikan Bandeng dapat digenjot hingga 5 ton/ha untuk setahunnya. Bibit (nener) yang ditebarkan biasanya mempunyai berat 50 gr per ekor dengan panjang pada 7-10 cm yang ditebarkan dengan kepadatan 500 ekor/m persegi. lkan ini bakal meraih berat seputar 450 gr setelah dibudidayakan lebih kurang 120 hari.

Bisa diambil kesimpulan bahwa dalam budidaya ikan Bandeng di tambak pada umumnya diawali dengan step pemilihan tempat tambak yang perlu memerhatikan aspek tehnis diantaranya yaitu : elevasi tanah, jenis tanah serta mutu air yang bakal dipakai. Sesaat aspek non tehnis mencakup modal, kelengkapan infrastuktur serta terdapatnya pasar. Aktivitas yang ditangani setelah pemilihan tempat tambak adalah mempersiapkan ruang tambak budidaya ikan Bandeng yang terbagi dalam perbaikan bagian-bagian tambak dari mulai konstruksinya, kemampuan pematang, pintu air, caren maupun saluran air sampai perlakuan tanah basic tambak. Selanjutnya yaitu penentuan bibit nener, step pembesaran serta paling akhir yaitu step pemanenan.
Prospek Budidaya Ikan Bandeng Tambak Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Posted by: Liza Zahrah