Monday, September 14, 2015

Tips Mancing di Waduk Jatiluhur Bagi Pemula

Mancing di Waduk Jatiluhur - Waduk Jatiluhur ada di lokasi administrasi Kabupaten Purwakarta. Tempatnya berjarak seputar 9 km apabila ditempuh dari jantung Kota Purwakarta. Di buat th. 1957 juga sebagai bendungan pertama serta paling besar yang dipunyai Indonesia. Waduk Jatiluhur di bawah pengelolaan PT. PLN Persero yang dipakai juga sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) . Di samping itu juga digunakan untuk memberi pengairan untuk ribuah hektar sawah di sekelilingnya, tempat pembudidayaan ikan dengan system keramba apung, spot pemancingan, tempat lomba berolahraga dayung sekalian jadi maksud wisata alam yang sangatlah elok.
http://habinos.blogspot.co.id/2015/08/tips-mancing-di-waduk-jatiluhur.html

Baca juga : Jenis Umpan Jitu dan Cara Mancing Udang Di Sungai

Penjelasan Waduk Jati Mulia Singkat

Luas waduk Jatiluhur meraih 8. 300 hektar yaitu surga untuk beberapa pemancing yang mau menyalurkan hoby mereka. Mancing di waduk Jatiluhur memberi pilihan banyak ikan tujuan seperti ikan Nila, ikan Patin, ikan Mas, ikan Mujair, ikan Bandeng, ikan Balidra serta bahkan juga type ikan Alligator yang beresiko juga beritanya ada disana. Pemancing tidak dapat segera saja mancing di waduk Jatiluhur karena otoritas pengelola disana memberlakukan sejenis Surat Ijin Memancing. Ketentuan itu di buat oleh Perum Layanan Tirta untuk kepentingan administrasi hingga beberapa pemancing yang mancing di waduk Jatiluhur dapat terdata dengan baik.

Pihak Perum Layanan Tirta memberlakukan ijin memancing supaya dapat mendata dengan akurat umpamanya data pemancing serta ikan-ikan apa sajakah yang sukses dipancing. Prosedur mengajukan surat ijin ini juga tidak susah karena pemancing cukup daftarkan diri dengan memberi data diri plus membayar cost administrasi Rp. 50 ribu. Mancing di alam bebas seperti waduk Jatiluhur dapat dikerjakan dengan menyewa rakit diatas keramba apung atau menyewa kapal supaya dapat pilih spot di dalam waduk atau yang paling mudah yaitu memancing di pinggir waduk. 

Peralatan Mancing yang Mesti Dibawa

Joran

Stick pancing kerap digunakan yaitu joran spinning berbahan fiber dengn panjang mulai 75 cm hingga 120 cm. Terpasang juga reel untuk menggulung senar. Dapat pula dipakai joran tegeg dengan panjang 4 m sampai 5 m. Penentuan joran semakin banyak ditetapkan oleh kenyamanan waktu dipakai serta tujuan ikan yang bakal dipancing.

Kenur

Kenur atau senar yang umum digunakan memakai kelas 6 lbs sampai 10 lbs sesuai sama besar ikan yang kemungkinan bakal didapat.

Serok

Bermanfaat untuk menangkap ikan yang sukses dipancing.

Standard

Yaitu alat yang dipakai beberapa pemancing untuk menempatkan joran hingga tidak mesti senantiasa dipegangi waktu menanti umpan disambar ikan.

Koja

Yaitu wadah untuk menyimpan ikan yang sukses dipancing.

Perangkat lain

Seperti kail beragam ukuran, timah pemberat beragam ukuran, pelampung serta stopper.

Umpan Mancing di Waduk Jatiluhur

Sesuai dengan tujuan ikan yang ada Waduk Jatiluhur, tetapi untuk umpan umum umum dipakai cacing serta lumut. Ke-2 type makanan itu umumnya disenangi oleh ikan Nila serta ikan Patin. Umpan racikan sendiri juga dapat dipakai seperti racikan dari mi kering dengan telur ayam. Ke-2 bahan digabung sampai jadi adonan mirip pelet.
Tips Mancing di Waduk Jatiluhur Bagi Pemula Rating: 4.5 Posted by: Liza Zahrah