Saturday, September 19, 2015

Tips Mancing di Waduk Cirata bagi Pemula

Mancing di Waduk Cirata - Waduk Citara adalah salah satu object wisata andalan Kabupaten Cianjur. Waduk itu dibangun dengan luas 62 km persegi genangan air lewat cara membendung air Sungai Citarum. Waduk Cirata sendiri ada dibawah teritori 3 kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung serta Kabupaten Purwakarta. Manfaat pokok waduk Cirata yaitu untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), juga sebagai sumber irigasi pertanian, sumber air baku, serta juga sebagai tempat bididaya ikan system karamba. Tetapi kenyataannya juga menimbulkan sebagian kegiatan lain terlebih di bidang pariwisata termasuk juga di dalamnya yaitu wisata mancing.
http://habinos.blogspot.co.id/2015/07/tips-mancing-di-waduk-cirata-bagi-pemula.html

Baca juga : Resep Umpan Mancing Galatama

Sebagian type ikan yang ada disana diantaranya ikan potensi ikan Nila, ikan Hampala, ikan Toman, ikan Gabus, ikan Bawal, ikan Patin, ikan Jambal, ikan Mujahir serta ikan Nyimas. Memancing di waduk Cirata dapat dikerjakan dengan cara landbase di pinggiran waduk dengan joran tegeg. Atau memakai tehnik casting dengan perairan yang terhampar sangatlah luas atau memancing agak ke tengah yakni diatas rakit di keramba. Disiapkan pada jemput memakai perahu dengan tarif pada Rp. 15 ribu sampai Rp. 25 ribu. Memancing diatas rakit sendiri dikenakan cost Rp. 10 ribu. Sedang apabila mau menyewa kapal sendiri dapat dengan membayar Rp. 400an ribu.

Anda yang tertarik mancing di waduk Cirata, buat persiapan dahulu peralatan yang bakal dipakai disana. Dari mulai joran serta alat pancing lengkap, payung untuk menghadapi bila hujan atau kepanasan, jas hujan, kaos lengan panjang, ember kecil untuk wadah umpan lumut, perbekalan pribadi serta wadah untuk menyimpan hasil tangkapan.

Untuk umpan, silakan sesuai dengan tujuan ikan yang bakal dipancing disana. Umpamanya pelet super atau pelet udang dipakai untuk ngebom, umpan lumut apabila membidik ikan Nila, umpan cacing untuk semua type ikan yang ada atau siapkan umpan Galatama bila membidik ikan Bawal atau ikan Mas bila memancing di kolam terapung. Sedang umpan tiruan type minnow harus dibawa apabila inginkan dapat mendaratkan ikan Hampala waduk Cirata.

Pilih spot bila inginkan di dalam waduk, tempat idealnya adalah dirumah rakit yang strukturnya cukup tinggi dengan adanya banyak enceng gondok di sekelilingnya. Bila memakai perahu jadi ikatkan perahu pada tiang pancang bambu agar tidak goyang terlalu berlebih. Bila tanaman enceng gondok kelewat tidak tipis, sibakkan sedikit sebatas bisa dipakai memasukkan kail ke perairan. Untuk pengebom atau pengawur cukup buat persiapan menir. Pemakaian pelet juga sebagai pengebom condong mengakibatkan ikan cepat kenyang serta pada akhirnya jadi tidak ingin makan umpan.

Bila mancing di waduk Cirata dikerjakan saat pagi hari gunakanlah umpan buatan yang kerap dimaksud “geleng”. Karena pada pagi hari biasanya ikan Bawal yang aktif menyambangi umpan. Bila agak siangan ubah dengan umpan lumut untuk berburu ikan Nila besar. Mancing di waduk Cirata kemungkinan kail nyangkut atau putus adalah hal yang kerap berlangsung, jadi itu gunakan kail yang murah saja dan pakai senar yang tidak terlampau halus.
Tips Mancing di Waduk Cirata bagi Pemula Rating: 4.5 Posted by: Liza Zahrah