Friday, September 11, 2015

Tips Cara Memancing Ikan Tenggiri Mudah

Cara Memancing Ikan Tenggiri - Ikan Tenggiri yang di negara Barat diberi nama Mackerel yaitu type ikan yang cukup popular baik untuk nelayan maupun penghobi mancing. Ikan dengan badan ramping memanjang berwarna keperakan ini selalu hidup bergerombol saat mencari mangsa. Ikan yang termasuk juga ikan pelagis atau mencari makan di permukaan air ini suka beralih tempat. Satu waktu ikan ini diketemukan di perairan terumbu karang serta di waktu lain pergi jauh untuk temukan mangsanya yang lain. Ikan Tenggiri tidak menetap di satu tempat spesifik seperti ikan laut yang lain.
http://habinos.blogspot.co.id/2015/07/tips-cara-memancing-ikan-tenggiri.html

Baca juga : Macam-Macam Umpan Pancing Kolam Air Tawar

Singkat Frofil Ikan Tenggiri

Dipandang dari bentuk badannya pasti bisa diprediksikan bila ikan Tenggiri adalah pemburu hebat. Kekuatan menyerangnya yang demikian cepat dengan ditunjang gigi-giginya yang tajam bakal bikin ikan-ikan lain tidak berkutik melawannya. Di alam ikan Tenggiri umum memburu mangsa berbentuk ikan-ikan kecil seperti ikan Selar, ikan Como serta ikan Kembung. Cara memancing ikan Tenggiri memerlukan persiapan yang serius karena ikan ini cukup sengit dalam memberi perlawanan. Ikan ini juga dapat meraih bobot 20 kg hingga mesti dipakai peranti memancing spesial.

Alat Memancing Ikan Tenggiri

- Joran

Pakai stick pancing jenis light spinning pendek yang umumnya memiliki ukuran 180 sampai 220 cm. Tentukan yang terbuat daru material grafit dengan tindakan lengkungan mulai tengah sampai ujung atau kelas 2 sampai 4 kg. Tentukan juga joran dengan lengkungan pada ujung saja dari kelas 6 sampai 10 kg.

- Reel

Penggunaan reel sebaiknya diambil type spinning yang memiliki 2 hingga 12 roller bearing. Bila sangat mungkin jadi tentukan wadah serta spool yang terbuat berbahan grafit. Ukuran reell sebaiknya sesuaikan kelas senar atau satu tingkat lebih tinggi.

- Senar

Biasanya dipakai senar kecil ukuran 8 lbs sampai 20 lbs. Prinsipnya semakin kecil ukurannya jadi bakal semakin galak walau demikian terus diperlukan ketrampilan serta pengalaman. Sesaat senar type PE terus bisa digunakan walau demikian type senar ini tidak wajar untuk tehnik memancing koncer.

- Senar ujung

Lantaran ikan Tenggiri memiliki gigi-gigi tajam dengan bentuk sama gergaji hingga juga sebagai antisipasinya dipakai tali ujung berbentuk kawat baja monofilament ukuran 24 sampai 28 atau kawat baja serabut ukuran 15 sampai 24 kg.

- Rangkaian pancing

Ikan Tenggiri mempunyai ciri-ciri menyambar umpan dengan cepat dari samping atau belakang. Tipikal serangan ikan Tenggiri yang ganas ini jadi pemancing mesti melengkapi alat pancingnya memakai kawat baja. Dipasangkan dua kail supaya ikan Tenggiri susah terlepas waktu terserang kail.

- Umpan

Ikan ini yaitu grup ikan permukaan hingga cara memancing ikan Tenggiri dipakai tehnik koncer. Meski demikian ada juga pemancing memakai tehnik trolling. Umpan yang sering dipasang adalah ikan Kembung dalam situasi hidup. Untuk angler yang suka dengan tehnik trolling biasanya bakal memakai ikan hidup yang tidak cepat mati. Agar ikan-ikan kecil ingin mengumpul di satu tempat saja jadi sering dipakai umpan chumming atau bom memakai rebon. Ada ikan-ikan kecil automatis bakal memancing ikan Tenggiri mendekat.
Tips Cara Memancing Ikan Tenggiri Mudah Rating: 4.5 Posted by: Liza Zahrah