Thursday, September 10, 2015

Tips Alat; Cara Mancing Ikan Baronang

Cara Mancing Ikan Baronang - Ikan Baronang terdapat beberapa type dengan sebagian salah satunya cukup popular untuk beberapa anglers. Beberapa jenis itu yaitu ikan Baronang Lingkis (Siganus canaliculatus) , Baronang Lada (Siganus guttatus) , Baronang Catat (Siganus javus) , Baronang Susu (Siganus fuscescens) serta Baronang Batik (Siganus vermiculatus) . Ikan Baronang yaitu kelompok Rabbit Fish yang disebut ikan pemakan tumbuhan. Meski demikian ikan ini tidak bakal menampik bila disuguhi umpan berbentuk daging cumi, udang rebon serta kerang hijau. Di alam aslinya Ikan baronang biasanya berkelompok dalam mencari lumut atau tritip yang melekat di susunan batuan karang, pondasi dermaga serta bagan.
http://habinos.blogspot.co.id/2015/07/tips-cara-mancing-ikan-baronang.html

Baca juga:  Tips dan Cara Mancing Udang Galah di Sungai

Cara Mancing Ikan Baronang Dengan cara Umum Memerlukan Sebagian Perangkat

Joran

Pakai joran tegek dari kelas hard tapper yang di buat berbahan carbon, graphit atau kombinasi. Supaya joran mampu menahan beban berlebihan lantaran bertarung dengan ikan Baronang jadi biasanya beberapa angler melilitkan benang serta lem di ujung ruas ke-2 hingga ruas terakhir supaya joran tidak pecah.

Senar

Pakai senar transparan berkekuatan 10 lbs hingga 12 lbs. Senar diikat ke ujung joran tegek serta biasanya ditambahkan juga tali yang melekat di joran. Panjang senar menurut kedalaman air. Panjang senar janganlah melebihi panjang joran hingga memudahkan menempatkan umpan sekalian juga waktu melepas ikan hasil pancingan. Wajarnya memakai panjang pada 3, 5 m hingga 4 m.

Pelampung

Dibagi jadi 2 yaitu pelampung celup serta pelampung gantung. Pelampung ini mempunyai lubang di dalam untuk memasukkan senar serta penjepitnya. Bisa memakai pelampung jenis lonjong, bulat kerucut serta yang lain. Untuk warna diambil yang kontras dengan warna air laut untuk memudahkan pemancing mencermati getarannya bila umpan disambar ikan.

Mata Kail

Kail yang digunakan berjenis kail garong dengan terbagi dalam 6 hingga 8 mata yang dikombinasi memakai solder. Pakai kail nomer 5 atau nomer 6.

Penjepit umpan

Bermanfaat menjepit umpan serta senar. Lazimnya digunakan stopper, timah daun, karet atau jadi senar tersebut.

Umpan Mancing

Umpan mancing ikan Baronang paling umum dipakai lumut hijau. Terkecuali itu beberapa pemancing juga bisa memakai umpan pengganti salah satunya lumut merah, lumut lumpur, nasi lumat, kerang hijau, daging cumi, udang, daging kepiting, nasi lumat, buah pisang, serta yang lain. Juga sebagai umpan chum atau bom dapat dipakai nasi, tetapi janganlah terlampau banyak supaya ikan Baronang tidak jadi kenyang hingga tidak ingin menyambar umpan.
Peranti pendukung

Siapkan sarung tangan supaya tangan terproteksi dari terserang duri ikan Baronang yang beracun waktu memegangnya. Janganlah lupa juga gunakan topi pelindung sinar matahari, kacamata supaya tidak silau, sepatu atau sandal waktu pemancing mesti masuk ke perairan. Cool box untuk menaruh ikan Baronang hasil pancingan. Serta tidak ketinggalan ransum untuk pemancing.
Tips Alat; Cara Mancing Ikan Baronang Rating: 4.5 Posted by: Liza Zahrah